Suantara, I Putu Dika Adi (2022) STUDENT’S PERCEPTION TOWARD THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING IN ENGLISH SUBJECT AT SMP NEGERI 1 SELEMADEG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021114-COVER.pdf Download (923kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021114-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021114-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021114-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021114-LAMPIRAN.pdf Download (763kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Selemadeg tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain survei cross sectional. Ada 217 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Selemadeg Kabupaten Tabanan yang mengikuti penelitian ini. Terdapat 25 item pada 3 kuesioner yang disesuaikan dengan penelitian dan digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Persepsi siswa dilihat dari tiga dimensi Technology Acceptance Model 3 (TAM3), yaitu Persepsi kegunaan, Persepsi kemudahan dalam penggunaan, dan Niat prilaku. Terdapat sembilan determinan dimensi persepsi kegunaan dan dimensi persepsi kemudahan penggunaan yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk dimensi Persepsi kegunaan yaitu norma subjektif, relevansi pekerjaan, kualitas output, dan hasil yang didemonstrasikan sedangkan untuk dimensi Kemudahan dalam penggunaan adalah efikasi diri komputer, persepsi kontrol eksternal, kesenangan komputer, kecemasan komputer, dan kenikmatan yang dirasakan. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, ditemukan bahwa kuesioner valid dan reliabel (α=0.964) di WhatsApp, (α=0.973) di Google Meet, & (α=0.979) di Google Classroom. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 4 determinan yang berkualifikasi positif dan 5 berkualifikasi positif. Terungkap bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selemadeg berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, Google Classroom untuk meningkatkan kinerja bahasa Inggris dan mudah digunakan. Dengan demikian, memanfaatkan pembelajaran online dengan aplikasi yang tepat menjadi pertimbangan penting bagi guru di kelas mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pembelajaran online, WhatsApp, Google Meet, Google Classroom, Technology Acceptance Model 3 (TAM3) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Putu Dika Adi Suantara |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:06 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13423 |
Actions (login required)
View Item |