ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Wiani, Ni Kadek Putri (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011054-COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011054-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011054-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pemahaman konsep siswa SMP dalam menyelesaikan soal uraian bilangan bulat ditinjau dari Adversity Quotient. Adapun indikator pemahaman konsep pada penelitian ini menggunakan indikator oleh NCTM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kerambitan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kerambitan yang berjumlah 250 orang. Dalam menentukan besaran sampel menggunakan rumus Issac and Michael dan sampel pada penelitian ini berjumlah 133 orang yang dipilih dengan teknik proporsional sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep dan non tes berupa angket Adversity Quotient, serta wawancara guna menunjang hasil penelitian. Data angket dikategorikan berdasarkan kategori oleh Stoltz dan data tes dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pada materi bilangan bulat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerambitan tergolong rendah (48.12%) dengan rata-rata siswa belum mampu memenuhi indikator pemahaman konsep yaitu mengungkapkan kembali konsep dengan kata-kata sendiri, mengidentifikasi atau memberi contoh dan bukan contoh, dan mengaplikasikan konsep dalam berbagai situasi, serta kategori Adversity Quotient cenderung pada tipe Camper (69.92%). Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan dalam pembelajaran matematika di kelas dapat dilaksanakan dengan cara yang lebih beragam, sehingga siswa mampu mengasah dan meningkatkan pemahaman konsep serta Adversity Quotient siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, bilangan bulat, Adversity Quotient
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Putri Wiani
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:36
Last Modified: 21 Oct 2022 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item