Setyawati, Ni Kadek (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS FALSAFAH TRI HITA KARANA PADA MUATAN MATERI MASUKNYA BANGSA EROPA KE INDONESIA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031238-COVER.pdf Download (287kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031238-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031238-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031238-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video berbasis Falsafah Tri Hita Karana pada muatan materi masuknya bangsa eropa ke indonesia untuk siswa kelas V SD yang telah teruji validitas isi serta telah mendapatkan respon dari guru dan siswa. Pelaksanaan penelitian berpatokan pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja yang dikarenakan penelitian ini bertujuan hanya untuk menghasilkan produk yang telah teruji validitas isinya saja. Subjek penelitiannya adalah media pembelajaran video berbasis Falsafah Tri Hita Karana pada muatan materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia. Sedangkan objek penelitiannya adalah rancang bangun, validitas isi, respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran video berbasis Falsafah Tri Hita Karana pada muatan materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia yang dikembangkan. Data yang dihasilkan dibagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumen, dan angket/kuisioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi rating scale, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran video dengan muatan materi IPS yaitu masuknya bangsa Eropa ke Indonesia berbasis Falsafah Tri Hita Karana. Media pembelajaran video memuat materi masuknya bangsa Eropa ke Indonesia muatan pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Materi yang dimuat dalam pembelajaran video telah dikaitkan dengan kearifan lokal Bali yaitu Falsafah Tri Hita Karana. Pengembangan media pembelajaran video telah valid dengan (a) ahli media pembelajaran berada pada rentang 0,75-1,00 dan (b) ahli materi pembelajaran berada pada rentangan 0,875-1,00. Sehingga pengembangan media pembelajaran video berbasis Falsafah Tri Hita karana mendapat respon sangat baik dari guru dengan persentase 84% dan mendapat respon siswa secara perseorangan dengan persentase 97% serta dari siswa secara kelompok kecil sebesar 99%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, tri hita karana, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK SETYAWATI |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 00:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13551 |
Actions (login required)
View Item |