Mulwidyasari, Nanda (2022) PENGARUH MODEL STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS III ARJUNA KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031208-COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031208-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031208-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031208-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara keterampilan menyimak terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diajarkan menggunakan model Storytelling berbantuan media powerpoint dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 2 sekolah dengan jumlah 33 yang telah dinyatakan setara terpilih 2 sekolah, untuk sampel penelitian dan menggunakan teknik random sampling. Hasilnya yaitu kelompok eksperimen pada kelas V SDN 2 Tegal Badeng Timur dengan jumlah 19 siswa, sedangkan kelas V SDN 1 Tegal Badeng Timur sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian ini menggunakan instrument test sebagai alat untuk mengumpulkan data keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis (uji-t) melalui program SPSS 25.0 for windows. Dalam penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model Storytelling berbantuan powerpoint dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data didapatkan hasil nilai kelompok eksperimen rata-rata (mean) 87,894, varians 31,433, standar deviasi 5,606 dan hasil nilai kelompok kontrol rata-rata (mean) 38,214 varians 33,104, standar deviasi 5,606. Sedangkan uji normalitas kelas eksperimen 0,14 dan uji normalitas kelas kontrol 0,39. Uji homogenutas kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,95, setelah penyajian data dan uji prasyarat analiss data statistik selesai dilakukan dan prasyarat data dipenuhi dilanjutkan dengan pengujian hipotesis penelitian one simple test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penyajian data dan uji prasyarat menunjukkan perbedaan yang besar terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini berarti nilai signifikansi < 0.05, berarti H0 ditolak dan Ha diterima. terdapat pengaruh model storytelling berbantuan media powerpoint terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus III Arjuna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Storytelling, menyimak, powerpoint |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NANDA MULWIDYASARI |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13651 |
Actions (login required)
View Item |