Ayu Sukma Dewi, Ni Made (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011011-COVER.pdf Download (252kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011011-ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2023011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2023011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2023011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2023011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 5 Denpasar saat ini masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Selama ini pendidik masih sering menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sama untuk semua peserta didik tanpa memperhitungkan perbedaan profil belajar peserta didik. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen belajar yang mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Media pembelajaran interaktif berdiferensiasi merupakan alat bantu dalam pembelajaran yang bersifat interaktif (mampu memberikan respon terhadap pengguna) serta memiliki karakteristik pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan perbedaan gaya belajar peserta didik. Ada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual (belajar melalui indera penglihatannya), gaya belajar auditori (belajar melalui indera pendengaran) dan gaya belajar kinestetik (belajar melalui pengalaman langsung). Ketiga jenis media tersebut disiapkan secara bersamaan untuk satu Kompetensi Dasar yaitu peluang suatu kejadian, sehingga peserta didik dapat memilih sendiri media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar masing-masing. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan diukur berdasarkan validitas, kepraktisan dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar baik dalam ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (aktivitas dan motivasi belajar) serta ranah psikomotorik (keterampilan). Memenuhi syarat validitas isi berarti media pembelajaran telah sesuai dengan prosedur pengembangan Plomp dan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi. Untuk validitas konstruk dinilai oleh dua orang pakar media pembelajaran dengan kategori sangat valid karena skor rata-rata berada pada rentang 3,5≤Sr<4,0. Untuk tingkat kepraktisan penggunaan media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik dan pendidik memiliki kategori praktis karena skor rata-rata berada pada rentang 2,5≤Sr<3,5. Tingkat efektifitas media dalam ranah kognitif yaitu 67,25 dengan kategori sangat baik, ranah afektif dengan rata-rata skor aktivitas peserta didik 3,51 dengan kategori sangat aktif dan ranah psikomotorik ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; pembelajaran berdiferensiasi; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Sukma Dewi |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:44 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13765 |
Actions (login required)
View Item |