STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERBANTUAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 6 DENPASAR

Sucitasari, Luh Kadek (2023) STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERBANTUAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 6 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031038-COVER)
2129031038-Cover.pdf

Download (776kB)
[img] Text (2129031038-ABSTRAK)
2129031038-Abstrak.pdf

Download (234kB)
[img] Text (2129031038-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031038-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (571kB)
[img] Text (2129031038-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031038-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (2129031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031038-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (2129031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031038-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (2129031038-BAB 5 PENUTUP)
2129031038-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (2129031038-DAFTAR PUSTAKA)
2129031038-Daftar Pustaka.pdf

Download (462kB)
[img] Text (2129031038-LAMPIRAN)
2129031038-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning di SMA Negeri 6 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Sampel penelitian ini terdiri dari 85 siswa dan 2 guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Denpasar. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari process diperoleh hasil kurang efektif (-), 4) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil efektif (+ + - +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning adalah 1) kurangnya dukungan sarana dan prasarana, 2) kurangnya kehadiran siswa, 3) banyak siswa yang mengumpul tugas tidak tepat waktu, 4) siswa tidak mengakses materi yang diberikan, 5) kurangnya pelatihan mengenai pembelajaran berbantuan e-learning, dan 6) guru kekurangan waktu untuk menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Studi Evaluasi, CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Luh Kadek Sucitasari
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:34
Last Modified: 07 Feb 2023 03:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item