Pirgianti, Ni Wayan (2023) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, KOMITMEN GURU, DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 6 NUSA PENIDA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031031-COVER)
2129031031-Cover.pdf Download (962kB) |
|
Text (2129031031-ABSTRAK)
2129031031-Abstrak.pdf Download (457kB) |
|
Text (2129031031-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031031-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (537kB) |
|
Text (2129031031-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031031-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (2129031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031031-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) | Request a copy |
|
Text (2129031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031031-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (2129031031-BAB 5 PENUTUP)
2129031031-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (2129031031-DAFTAR PUSTAKA)
2129031031-Daftar Pustaka.pdf Download (595kB) |
|
Text (2129031031-LAMPIRAN)
2129031031-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa SMP Negeri 6 Nusa Penida. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi yang berjumlah 83 orang siswa kelas VIII digunakan sebagai sampel (sensus). Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskrptif serta uji regresi. Hasil penelitiannya: (1) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 24,09%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara budaya sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 15,96%. (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara komitmen guru terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 21,24% (4) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif sebesar 11,67%. (5) terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan determinasi sebesar 0,729 dan sumbangan efektif sebesar 72,96%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat determinasi yang signifikan variable kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orangtua baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, keempat variable tersebut dapat dijadikan prediktor pengembangan literasi siswa SMP Negeri 6 Nusa Penida
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Komitmen Guru, Partisipasi Orang Tua, Pengembangan Kemampuan Literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Pirgianti |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 00:52 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13817 |
Actions (login required)
View Item |