KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, KOMITMEN GURU, DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 6 NUSA PENIDA

Pirgianti, Ni Wayan (2023) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, KOMITMEN GURU, DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 6 NUSA PENIDA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031031-COVER)
2129031031-Cover.pdf

Download (962kB)
[img] Text (2129031031-ABSTRAK)
2129031031-Abstrak.pdf

Download (457kB)
[img] Text (2129031031-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031031-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (537kB)
[img] Text (2129031031-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031031-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (2129031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031031-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (2129031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031031-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (2129031031-BAB 5 PENUTUP)
2129031031-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (2129031031-DAFTAR PUSTAKA)
2129031031-Daftar Pustaka.pdf

Download (595kB)
[img] Text (2129031031-LAMPIRAN)
2129031031-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa SMP Negeri 6 Nusa Penida. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi yang berjumlah 83 orang siswa kelas VIII digunakan sebagai sampel (sensus). Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskrptif serta uji regresi. Hasil penelitiannya: (1) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 24,09%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara budaya sekolah terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 15,96%. (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara komitmen guru terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif 21,24% (4) terdapat kontribusi yang signifikan secara parsial antara partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan sumbangan efektif sebesar 11,67%. (5) terdapat kontribusi yang signifikan secara simultan antara kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orang tua terhadap pengembangan literasi siswa dengan determinasi sebesar 0,729 dan sumbangan efektif sebesar 72,96%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat determinasi yang signifikan variable kepemimpinan pelayan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen guru dan partisipasi orangtua baik secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian, keempat variable tersebut dapat dijadikan prediktor pengembangan literasi siswa SMP Negeri 6 Nusa Penida

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Komitmen Guru, Partisipasi Orang Tua, Pengembangan Kemampuan Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Wayan Pirgianti
Date Deposited: 08 Feb 2023 00:52
Last Modified: 08 Feb 2023 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item