Devi, Ni Made Sunaryan Niriavidya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911033003-COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911033003-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911033003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911033003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911033003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911033003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911033003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911033003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911033003-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal pada materi pelestarian lingkungan untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dimana pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah ahli isi materi, ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media komik digital berbasis kearifan lokal pada materi pelestarian lingkungan untuk siswa kelas IV SD yang dikembangkan. “Metode yang digunakan yaitu metode kuisioner dengan memberikan angket berupa instrumen lembar penilaian yang diberikan kepada 2 dosen sebagai uji ahli materi, 2 dosen sebagai uji ahli media, 1 guru sebagai respon praktisi, dan 37 orang siswa sebagai respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media komik digital berbasis kearifan lokal dari ahli materi sebesar 93,08%, ahli media sebesar 83,57%, dan praktisi/guru sebesar 97,04%. Secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis kearifan lokal yaitu sebesar 91,23% yang berada dalam rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 91,54% dengan kualifikasi sangat baik.” Berdasarkan analisis tersebut, media komik digital berbasis kearifan lokal pada materi pelestarian lingkungan untuk siswa kelas IV SD layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal, Pelestarian Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sunaryan Niriavidya Devi |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:26 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13839 |
Actions (login required)
View Item |