Kusumayasa, I Nyoman Wahyu (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DI LABORATORIUM SMP NEGERI 2 TEGALLALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071021-ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071021-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran IPA di laboratorium SMP Negeri 2 Tegallalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA SMP Negeri 2 Tegallalang sebagai sumber data pelaksanaan pembelajaran IPA di laboratorium. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA di laboratorium SMP Negeri 2 Tegallalang. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru IPA di SMP Negeri 2 Tegallalang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terdiri atas 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan pendahuluan guru memulai dengan menyiapkan siswa dengan melaksanakan absensi, menyiapkan alat yang akan digunakan dan membagi kelompok. Kemudian guru bertanya kepada siswa untuk mengingatkan materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya. Terdapat hal yang signifikan yang dilakukan oleh guru ketika menyiapkan alat sebelum kegiatan praktikum dimulai, guru menyiapkan alat dengan meletakkan langsung pada meja kelompok siswa kemudian guru memanggil siswa yang masih berada di dalam kelas sehingga, hal yang dilakukan guru memotong waktu pembelajaran. Pada kegiatan inti guru memulai dengan membagikan lembar kerja siswa pada masing-masing kelompok untuk didiskusikan. Setelah selesai guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil yang diperoleh. Pada kegiatan penutup guru mengajak siswa untuk merangkum hasil pembelajaran yang diperoleh setelah melaksanakan praktikum dan guru juga memberikan tugas lanjutan kepada siswa. Terakhir guru menginformasikan keiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya dan pembelajaran diakhiri dengan berdoa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran IPA, pembelajaran di laboratorium |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Wahyu Kusumayasa |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 01:47 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13843 |
Actions (login required)
View Item |