Wijayanti, Uttami (2023) STUDI EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP HARAPAN NUSANTARA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031035-COVER)
2129031035-Cover.pdf Download (823kB) |
|
Text (2129031035-ABSTRAK)
2129031035-Abstrak.pdf Download (153kB) |
|
Text (2129031035-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031035-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (267kB) |
|
Text (2129031035-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031035-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (2129031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031035-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (2129031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031035-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (2129031035-BAB 5 PENUTUP)
2129031035-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (2129031035-DAFTAR PUSTAKA)
2129031035-Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
|
Text (2129031035-LAMPIRAN)
2129031035-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan desain CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Harapan Nusantara Denpasar kelas VII – IX dengan jumlah 346 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 186 siswa. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah variabel conteks, input, proses, dan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ditinjau dari proses diperoleh hasil kurang efektif (-), 4) Efektifitas penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ditinjau dari produk diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ditinjau dari context, input, proses, dan produk diperoleh hasil efektif (+ + - +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal 1) sekolah belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, 2) guru belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, dan 3) guru belum memiliki kompetensi yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter baik saat memebrikan pelajaran di kelas maupun membina ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIPP, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, Studi Evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Uttami Wijayanti |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 23:59 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 23:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13855 |
Actions (login required)
View Item |