Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Tata Hidang di Kelas XI SMK Pariwisata Mengwitani

Yani, Ni Wayan Sri Indah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Tata Hidang di Kelas XI SMK Pariwisata Mengwitani. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051094_COVER.pdf

Download (533kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051094-ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051094-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051094-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051094-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran tata hidang di kelas XI SMK Pariwisata Mengwitani serta untuk mengetahui respon dari guru serta peserta didik mengenai rancangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran tata hidang di kelas XI SMK Pariwisata Mengwitani. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research & development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI pada 30 peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran tata hidang. Data dalam penelitian ini didapatkan dari angket validitas uji ahli isi, uji ahli media dan desain, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, respon guru, respon peserta didik, dan uji efektivitas. Hasil perhitungan validitas ahli isi serta ahli media dan desain menunjukkan bahwa tingkat validitas sebesar 1,00 termasuk dalam tingkat validitas “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil persentase yang didapatkan dari uji coba perorangan sebesar 92% yang termasuk kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil termasuk dalam kualifikasi “Baik” dan uji coba lapangan termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik”. Uji Efektivitas memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,84 sehingga uji efektivitas yang dilaksanakan menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memiliki efektivitas “Tinggi”. Hasil rata-rata respon peserta didik yang didapatkan sebesar 65,2 jika dikonversikan kedalam tabel kriteria penggolongan respon menunjukkan termasuk dalam rentangan kategori “Sangat Positif”. Rata-rata kelas (x ̅) yang didapatkan dari hasil respon guru sebesar 46 maka termasuk dalam kategori “Sangat Positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Tata Hidang, Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Wayan Sri Indah Yani
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:40
Last Modified: 15 Feb 2023 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item