Arningsih, Ni Putu Wahyu Dewi (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2023071007-COVER)
2023071007-Cover.pdf Download (656kB) |
|
Text (2023071007-ABSTRAK)
2023071007-Abstrak.pdf Download (251kB) |
|
Text (2023071007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071007-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (324kB) |
|
Text (2023071007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071007-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (2023071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (2023071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2023071007-BAB 5 PENUTUP)
2023071007-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (2023071007-DAFTAR PUSTAKA)
2023071007-Daftar Pustaka.pdf Download (426kB) |
|
Text (2023071007-LAMPIRAN)
2023071007-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD IPA berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall dan model pengembangan ADDIE dengan desain uji coba One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket kepraktisan LKPD, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) koefisien validitas Gregory untuk hasil validitas ahli materi adalah 0,97 dengan kriteria sangat valid, rata-rata skor validitas bahasa 97,00 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata skor validitas media 96,00 dengan kriteria sangat valid, 2) memenuhi syarat kepraktisan guru dengan rata-rata skor 87,00 dengan kriteria sangat praktis, dan 3) memenuhi syarat efektivitas dengan N-gain score ternormalisasi 0,589 dengan kriteria sedang, rata-rata skor keterampilan proses sains ranah abstrak 75,8 dengan kriteria baik dan ranah konkret sebesar 78 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis pendekatan saintifik mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Pendekatan Saintifik, KPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Wahyu Dewi Arningsih, S.pd |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:28 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13916 |
Actions (login required)
View Item |