PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Putri, I Gusti Ayu Putu Lisa (2023) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD GUGUS I ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031284-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031284-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031284-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031284-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching learning (CTL) terhadap kompetensi pengetahuan matematika setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test) siswa kelas II SD Gugus I Abiansemal Badung tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Gugus I Abiansemal Badung sebanyak 189 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 7 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol dengan undian. Oleh karena itu, didapatkan kelas II di SD No 3 Blahkiuh adalah kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 32 orang dan pada kelas II di SD No. 1 Sangeh adalah kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 25 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika kemudian dianalisis dengan uji anakova. Hasil analisis data yaitu Fhitung = 50,238 > Ftabel = 4,013 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 56, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model contextual teaching learning (CTL) dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model contextual teaching learning (CTL) setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test). Jika dilihat dari nilai rata-rata post-test kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 88,125 lebih dari kelompok kontrol adalah 75,259. Dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching learning (CTL) berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test) siswa kelas II SD Gugus I Abiansemal Badung tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching learning, kompetensi pengetahuan matematika, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Lisa Putri
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:29
Last Modified: 15 Feb 2023 03:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item View Item