Pengembangan Video Animasi Berpendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI MIN 1 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022

Athala, Dina (2023) Pengembangan Video Animasi Berpendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI MIN 1 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021019-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021019-ABSTRAK.pdf

Download (28MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (28MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021019-LAMPIRAN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan dalam produk video animasi berpendekatan saintifik, (2) mengetahui hasil validasi dalam produk video animasi berpendekatan saintifik dalam mata pembelajaran IPA kelas VI MIN 1 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan dan 6 orang uji coba kelompok kecil. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subyek uji coba produk menunjukkan bahwa video animasi melalui pendekatan saintifik valid berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,5%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (81,6%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (89%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,3%), (e) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (88,5%). Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli dan hasil uji coba perorangan serta kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa produk media video animasi berpendekatan saintifik ini layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, video animasi, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Dina Athala
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:27
Last Modified: 17 Feb 2023 09:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item