Ontu, Benediktus Kristianto Nobar (2023) PENGEMBANGAN NILAI–NILAI KEBANGSAAN DAN KEBHINEKAAN MELALUI DISCOVERY LEARNING MODEL BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAK SOVERDI TUBAN DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2029091015-COVER.pdf Download (837kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029091015-ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029091015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nilai-nilai kebangsaan dan Nilai-nilai kebhinekaan dikalangan generasi muda dinilai memudar. Berkenaan dengan itu dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisis: (1) pengimplementasian Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban, (2) perbedaan Nilai-Nilai Kebangsaan siswa antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimpelemntasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban, (3) perbedaan Nilai-Nilai Kebhinekaan siswa antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimplementasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban, dan (4) perbedaan secara simultan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan siswa antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimplementasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban. Rancangan penelitian menggunakan quasi-eksperimental design dengan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Sampel penelitan menggunakan kelas yang setara, yaitu Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara random dengan tehnik undian. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan pencatatan dokumen yang selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara simultan terdapat perbedaan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan siswa secara signifikan (0,000 < 0,05) antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimplementasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban (2) terdapat perbedaan Nilai-Nilai Kebangsaan siswa secara signifikan (0,017 < 0,05) antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimpelemntasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban, (3) terdapat perbedaan Nilai-Nilai Kebhinekaan siswa secara signifikan (0,001 < 0,05) antara kelas yang mengimpelentasikan dan yang tidak mengimplementasikan Discovery Learning Model berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran Sejarah di SMAK Soverdi Tuban.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai kebhinekaan, pembelajaran sejarah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Benediktus Kristianto Nobar Ontu |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13961 |
Actions (login required)
View Item |