Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA

Widyotama, Gede Rendra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023071011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071011-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071011-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung, (3) perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kubutambahan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian yang digunakan dua kelas, kelas XI MIPA 1 beranggotakan 33 orang sebagi kelas eksperimen, dan kelas XI MIPA 2 beranggotakan 32 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan tes keterampilan proses sains pada materi sistem respirasi manusia dan sistem ekskresi manusia. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan MANCOVA, tindak lanjut dari MANCOVA menggunakan Pairwise Comparison yang berbasis Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan taraf signifikansi 5%, uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi (uji normalitas, homogenitas, dan kolinearitas). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, inkuiri bebas, keterampilan proses sains, model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Gede Rendra Widyotama
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:59
Last Modified: 17 Feb 2023 01:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item