PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA BERLANDASKAN TEORI GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA

Dewi, Ni Made Yuni Yustia (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA BERLANDASKAN TEORI GESTALT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011053-COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011053-ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011053-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMA. “Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Dalam penelitiaan ini melibatkan 5 pakar/praktisi dalam bidang bimbingan konseling diantaranya yaitu 3 dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru Bimbingan Konseling SMA untuk menguji validitas isi (content) buku panduan ini. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe. Untuk menguji kepraktisan buku panduan ini, peneliti melibatkan 15 orang guru BK SMA untuk menjadi penilai. Untuk menguji efektivitas buku panduan, peneliti melibatkan 20 orang siswa kelas X SMA Dwijendra Denpasar secara pre test – post test sebagai subjek uji coba efektivitas buku panduan yang dikembangkan. Dari 22 butir instrumen yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa memiliki validitas yang baik disetiap butirnya. Penilaian indeks validitas isi (Content Validity Index) terhadap buku panduan ini sangat penting untuk mengetahui bahwa layak digunakan. Pengujian kepraktisan buku panduan memiliki skor sebesar 90 hal ini menunjukkan bahwa kepraktisan buku panduan tergolong nilai A (Sangat Baik). Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dengan thitung 6.216 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES = 1,392 yang termasuk kategori ES Tinggi.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Teknik Sosiodrama, Teori Gestalt, Komunikasi Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Made Yuni Yustia Dewi
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:48
Last Modified: 23 Feb 2023 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

View Item View Item