Pengembangan Modul Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X di SMK Negeri 2 Tabanan

Sari, Ni Made Widya (2023) Pengembangan Modul Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X di SMK Negeri 2 Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914041007-COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914041007-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1914041007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914041007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914041007-LAMPIRAN.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul digital berbasis 3D flipbook, mengetahui kelayakan modul digital melalui tahap uji validitas oleh ahli materi, ahli media, guru dan siswa dan mengetahui praktik pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan modul digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian riset dan pengembangan (R & D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X RPL dan guru Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 2 Tabanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan metodologi penelitian kombinasi yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk mengetahui praktik pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMK Negeri 2 Tabanan. Sedangkan, metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data pengisian angket jenis skala likert untuk mengetahui kelayakan modul digital yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah praktik pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas X dengan menggunakan modul digital telah memenuhi karakteristik pembelajaran abad-21 dan telah mewadahi siswa dalam mengembangkan keempat keterampilan abad-21. Sebesar 80% siswa merasa termotivasi dan 86% siswa tertarik dengan modul digital yang dikembangkan. Berdasarkan uji validitas dan uji coba lapangan membuktikan bahwa modul digital layak untuk digunakan dengan persentase sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Pancasila, modul digital, pembelajaran kelas X
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Ni Made Widya Sari
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:21
Last Modified: 16 Feb 2023 03:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item