., Ismawati (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lenek Pesiraman Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021003-ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021003-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (501kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021003-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengetahui validitas produk hasil pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif pada hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research & Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE terdapat lima langkah yakni: (1) analisis (anaylisis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,36%), ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,66%), serta respon dari peserta didik yakin uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (85,08%), uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (83,47%), dan uji coba lapangan dengan kualifikasi baik (80,20%), (2) produk media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 61,67% (kurang) dan post-test sebesar 85,25% (baik) dan dilakukan perhitungan dengan uji-t memperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-failed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa besar signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p˃0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran interaktif, bahasa indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ismawati |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:32 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14018 |
Actions (login required)
View Item |