PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Komang Ayu Krisnari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031161-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031161-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031161-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031161-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031161-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031161-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031161-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031161-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031161-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 344 orang. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik clauster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SD No. 9 Benoa sebanyak 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SD No 3. Benoa sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji Anakova. Berdasarkan analisis data, diperoleh Fhitung = 30,34 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikansi 5% dengan dk penyebut = 1 dan dk pembilang = 52, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually setelah mengendalikan nilai pretest pada siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kuta Selatan tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kuta Selatan tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Kompetensi Pengetahuan Matematika, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Krisnari Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2023 02:15
Last Modified: 19 Feb 2023 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item