PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SELAT

Ainullah, Arnindya Navitri (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021007-COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021007-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif, (2) mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif, dan (3) menguji efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dengan problem based learning pada muatan Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V di SD Negeri 1 Selat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sistematis didalamnya. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu berupa metode kuesioner dan metode tes. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kaulitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa, (1) multimedia pembelajaran interaktif dengan problem based learning yang telah dibuat ini dapat dinyatakan valid, hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil validasi oleh ahli media dengan persentase skor 93,33% berkualifikasi sangat baik, ahli desain dengan persentase skor 93,75% berkualifikasi sangat baik, ahli isi dengan persentase skor 93,33% berkualifikasi sangat baik. Begitupun hasil validasi oleh peserta didik melalui uji coba perorangan dengan persentase skor 93,66% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase skor 92,56%, (2) multimedia pembelajaran interaktfi dengan problem based learning ini dinyatakan efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rerata pretest yaitu 51,57 dan hasil nilai rerata posttest yaitu 87,85.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, problem based learning, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Arnindya Navitri Ainullah
Date Deposited: 19 Feb 2023 02:57
Last Modified: 19 Feb 2023 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item