Dasi, Ni Nyoman Janaki Priya Dewi (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DISKUSI DAN PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011047-COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011047-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbasis Research and Development (R&D). Desain penelitian model pengembangan 4D (four D) oleh Thiagarajan (1974), pengembangan terdiri atas 4 tahap yakni, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Dalam penelitiaan ini melibatkan 5 pakar/praktisi dalam bidang bimbingan konseling untuk menguji validitas isi buku panduan ini. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah CVR (Content Validity Ratio) dari Lawshe. Dari 22 butir instrumen yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), menyatakan pengembangan buku panduan konseling behavioral dengan teknik diskusi dan penguatan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA memiliki validitas yang baik disetiap butirnya. Untuk itu guru BK juga merasa terbantu dengan adanya buku pedoman, sehingga memudahkan memberikan arahan kepada siswa dalam pelaksanaan layanan. Hal ini karena pelaksanaan layanan konseling behavioral dengan menggunakan teknik diskusi dan penguatan positif memiliki tujuan pendekatan mengubah perilaku yang meladaptif menjadi sifat yang adaptif dengan cara memberikan apresiasi kepada individu atas munculnya tingkah laku yang baru, sehingga pada saat tingkah laku yang diinginkan muncul maka hal ini diharapakan akan cenderung akan diulang, ditingkatkan dan akan menetap dimasa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan, Teknik Diskusi dan Penguatan Positif, Teori Konseling Behavioral, Kepercayaan Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Janaki Priya Dewi Dasi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 05:59 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 05:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14054 |
Actions (login required)
View Item |