I Gusti Agung Shomia, Anjali (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III DI GUGUS IV MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031261-COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031261-ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031261-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031261-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031261-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031261-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031261-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031261-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031261-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus IV Mengwi tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental atau eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus IV Mengwi yang terdiri dari 9 kelas dalam 8 Sekolah Dasar yaitu sebanyak 232 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD No. 1 Lukluk sebanyak 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD No. 3 Lukluk sebanyak 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan numerasi diperoleh dengan memberikan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Rerata nilai posttest kemampuan numerasi siswa kelompok eksperimen lebih dari rerata nilai posttest kemampuan numerasi siswa kelompok kontrol yaitu 74,543>64,058. Data kemampuan numerasi selanjutnya dianalisis dengan uji Anakova dengan mengendalikan nilai pretest. Nilai F_hitung > F_tabel yaitu 520,421 >4,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret pada kelas III di Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023 setelah mengendalikan nilai pretest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus IV Mengwi tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, alat peraga benda konkret, kemampuan numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Shomia Anjali |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 00:34 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 00:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14055 |
Actions (login required)
View Item |