Paramita, I Gusti Ayu Indah (2023) KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR YANG TERKATEGORI RENDAH DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031043-COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031043-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Disiplin belajar merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh anak usia sekolah dasar. Dengan disiplin belajar, anak dapat memenuhi kewajibannya sebagai seorang pelajar. Biasanya disiplin belajar ini dibarengi oleh pola asuh yang diterapkan orang tua di rumah. Jenis-jenis pola asuh orang tua terdiri dari pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui deskripsi kedisiplinan belajar yang terkategori rendah pada siswa serta bentuk pola asuh yang diberikan orang tua di rumah pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian mixed methods dengan populasi sebanyak 302 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 12 subjek orang tua dan 12 subjek siswa dengan kedisiplinan belajar yang terkategori rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode non tes berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif serta analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil pemberian kuesioner kepada subjek siswa menunjukkan bahwa persentase dari rerata disiplin belajar siswa yaitu 45,41% yang termasuk ke kategori rendah. Sedangkan hasil pemberian kuesioner kepada subjek orang tua menunjukkan persentase rerata orang tua menerapkan pola asuh otoriter yaitu 53,125%; pola asuh demokratis yaitu 60,625%; serta pola asuh permisif yaitu 70,625%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori rendah serta bentuk pola asuh orang tua yang diterapkan dominan di rumah yaitu pola asuh permisif. Namun, disarankan kepada orang tua untuk lebih menerapkan pola asuh demokratis dibanding pola asuh lainnya di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, disiplin belajar, pola asuh. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Indah Paramita |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:24 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14067 |
Actions (login required)
View Item |