Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa

Yustitie, Ni Komang Sophize (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2023071008-COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071008-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071008-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan siswa yang memiliki efikasi diri rendah, dan (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah kelas IX di SMP Negeri 4 Sukawati tahun ajaran 2022/2023 sejumlah lima kelas dengan sampel penelitian yang digunakan empat kelas. Instrumen penelitian berupa kuisioner efikasi diri dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh nilai efikasi diri siswa dan nilai tes hasil belajar pada materi listrik dinamis. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan ANAKOVA dua jalur. Tindak lanjut ANAKOVA dua jalur, digunakan Least Significant Diffeerence (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 5%, sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi (uji normalitas, homogenitas, dan linearitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung, dimana hasil belajar pada kelompok yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan siswa yang memiliki efikasi diri rendah, dimana hasil belajar siswa pada kelompok siswa yang memiliki efikasi diri tinggi lebih unggul dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki efikasi diri rendah, (3) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa, dimana model pembelajaran bekerja secara simultan dengan efikasi diri yang berkontribusi pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, hasil belajar, model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Komang Sophize Yustitie, S.Pd.
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:22
Last Modified: 17 Feb 2023 03:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item