LINDIANA OKTAVIYANTI UTAMI, NI LUH PUTU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BUDAYA HIDUP SEHAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929121003-COVER.pdf Download (325kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929121003-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929121003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929121003-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929121003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929121003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929121003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929121003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929121003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar pola hidup sehat ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan Treatment by Level dengan dua ketegori 2 x 2. Subjek penelitian adalah 40 orang peserta didik yang terbagi dalam 2 kelompok model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAVA dua jalur) dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05). Temuan hasil penelitian ini didapatkan sebagai berikut: (1) Peserta didik yang belajar dengan mengikuti model pembelajaran NHT lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) Adanya pengaruh interaksi antara pemberian model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar budaya hidup sehat peserta didik, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu p < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak; (3) terdapat perbedaan hasil belajar budaya hidup sehat peserta didik yang belajar dengan MPK NHT dan kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK untuk kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p < 0,05 (p < α) (α = 0,05), sehingga H0 ditolak; dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar budaya hidup sehat antara kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK NHT dan kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK untuk kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p < 0,05(p < α) (α = 0,05), sehingga H0 diterima. Model pembelajaran NHT merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi pola hidup sehat selama pandemi COVID-19. Dengan menerapkan model pembelajaran ini dalam pembelajaran PJOK, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar yang berperan penting pada meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran NHT, Model pembelajaran Konvensional, hasil belajar, pola hidup sehat, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | NI LUH PUTU LINDIANA OKTAVIYANTI UTAMI |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:45 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14106 |
Actions (login required)
View Item |