PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BUDAYA HIDUP SEHAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

LINDIANA OKTAVIYANTI UTAMI, NI LUH PUTU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BUDAYA HIDUP SEHAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929121003-COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929121003-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929121003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929121003-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929121003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929121003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929121003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929121003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929121003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar pola hidup sehat ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan Treatment by Level dengan dua ketegori 2 x 2. Subjek penelitian adalah 40 orang peserta didik yang terbagi dalam 2 kelompok model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAVA dua jalur) dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05). Temuan hasil penelitian ini didapatkan sebagai berikut: (1) Peserta didik yang belajar dengan mengikuti model pembelajaran NHT lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) Adanya pengaruh interaksi antara pemberian model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar budaya hidup sehat peserta didik, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu p < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak; (3) terdapat perbedaan hasil belajar budaya hidup sehat peserta didik yang belajar dengan MPK NHT dan kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK untuk kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p < 0,05 (p < α) (α = 0,05), sehingga H0 ditolak; dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar budaya hidup sehat antara kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK NHT dan kelompok peserta didik yang belajar dengan MPK untuk kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p < 0,05(p < α) (α = 0,05), sehingga H0 diterima. Model pembelajaran NHT merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi pola hidup sehat selama pandemi COVID-19. Dengan menerapkan model pembelajaran ini dalam pembelajaran PJOK, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar yang berperan penting pada meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran NHT, Model pembelajaran Konvensional, hasil belajar, pola hidup sehat, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: NI LUH PUTU LINDIANA OKTAVIYANTI UTAMI
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:45
Last Modified: 22 Feb 2023 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item