PENGARUH MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Fransiska, Kadek Ayu Widia (2023) PENGARUH MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031188-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031188-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031188-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031188-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Assisted Individualization berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 429 seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Kerobokan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 33 orang dan siswa kelas V SD Negeri 2 Kerobokan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 16,818 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 17,200 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 21,900 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 20,500 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 3,111 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 adalah 1,999. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (3,111 > 1,999) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Assisted Individualization berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Assisted Individualization, Crossword Puzzle, Kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Widia Fransiska
Date Deposited: 20 Feb 2023 00:36
Last Modified: 20 Feb 2023 00:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item