PENGEMBANGAN EHON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA JURUSAN PARIWISATA PADA SMK DI SINGARAJA

Rahman, Zaifur (2023) PENGEMBANGAN EHON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA JURUSAN PARIWISATA PADA SMK DI SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1812061018-COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061018-ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061018-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa Ehon untuk pembelajaran bahasa Jepang di SMK Singaraja dan untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model Borg and Gall (1983) dalam Puslitjaknov (2008:11) yang terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, validasi ahli dan uji coba terbatas. Adapun produk yang dihasilkan adalah media Ehon yang terdiri dari 8 bab materi, di dalam setiap bab terdiri dari cerita, pertanyaan dan percakapan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli materi, uji ahli media) dan uji coba produk agar menghasilkan produk yang bagus. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli materi yaitu 75 (sesuai), dari ahli media yaitu 100 (sangat sesuai). Skor yang diperoleh dari hasil angket uji coba terbatas dengan guru yaitu 100 (sangat sesuai) serta hasil uji coba terbatas dengan siswa yaitu 97% (sangat layak). Dengan demikian, media Ehon yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media penunjang pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Ehon, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Zaifur Rahman
Date Deposited: 19 Feb 2023 00:40
Last Modified: 19 Feb 2023 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item View Item