PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL ”DAPUR KADEENA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII-A SMP KATOLIK SANTO PAULUS SINGARAJA

Ginting, Anisa Br (2023) PENGGUNAAN YOUTUBE CHANNEL ”DAPUR KADEENA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII-A SMP KATOLIK SANTO PAULUS SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912013002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912013002-ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912013002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912013002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912013002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912013002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912013002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912013002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912013002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran siswa kelas VII-A SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan Channel YouTube “Dapur Kadeena”, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan Channel YouTube “Dapur Kadeena”, (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VII-A SMP Katolik Santo Paulus Singaraja dengan menggunakan Channel YouTube “Dapur Kadeena” dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-A SMP Katolik Santo Paulus Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran yang tepat pada penggunaan Channel YouTube “Dapur Kadeena” ditekankan pada pengelolaan kelas dan persiapan media yang mantap, (2) penggunaan Channel YouTube “Dapur Kadeena” dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 69 kategori (cukup), siklus 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,03 kategori (cukup), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 85,2 kategori (baik), (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan Channel YouTube “Dapur Kadeena”. Pada siklus I diperoleh rata-rata 35,7(positif), sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 43(positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media youtube, teks prosedur.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Anisa Br Ginting
Date Deposited: 18 Feb 2023 13:24
Last Modified: 18 Feb 2023 13:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item