Pengembangan Buku Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas V

Noerdiansyah, Irham (2023) Pengembangan Buku Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas V. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029041002-COVER.pdf

Download (12MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029041002-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029041002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Noerdiansyah, Irham (2022), Pengembangan Buku Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas V. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. Kata-kata kunci: buku digital, ppkn Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku digital pada pembelajaran PPKn untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis, serta (2) menguji efektivitas buku digital terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian terdiri dari 82 siswa kelas V. Metode pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kelayakan materi, lembar kelayakan kebahasaan dan lembar kelayakan kegrafikan, dan tes hasil belajar. Peneliti menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaluation) dalam merancang buku digital. Hasil penelitian telah menghasilkan (1) Buku digital yang valid, praktis dan efektif dengan desain menarik dan interaktif. (2) Kevalidan produk dapat dilihat berdasarkan hasil dari expert review yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa dan kelayakan kegrafikan yakni diatas 93% yang tergolong dalam kategori sangat valid. (3) Kepraktisan buku digital dapat dilihat berdasarkan hasil rata-rata tahapan one to one evaluation sebesar 3,97 dan small group evaluation sebesar 4,47 dan termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. (4) Buku digital dikatakan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran PPKn materi Hak dan Kewajiban.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku digital, ppkn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Irham Noerdiansyah
Date Deposited: 19 Feb 2023 04:43
Last Modified: 19 Feb 2023 04:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item