PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERORIENTASI KONSEP TRI KONA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD

Septyani, Ni Kadek Sary (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERORIENTASI KONSEP TRI KONA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP UNTUK PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031032-COVER.pdf

Download (355kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031032-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031032-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berorientasi konsep Tri Kona pada topik siklus hidup makhluk hidup untuk pembelajaran kelas IV yang sangat valid dan sangat baik. Model pengembangan media yang digunakan dalam pedoman penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapannya antara lain (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan berikut. (1) Berhasil mengembangkan media pembelajaran video animasi. (2) Ahli materi memberikan nilai 3,80 dan ahli media memberikan nilai 3,63 jika dikonversi validitasnya adalah sangat baik. (3) Persentase kepraktisan berdasarkan penilaian guru terhadap media pembelajaran video animasi adalah sebesar 98,75%. (4) Persentase kepraktisan berdasarkan respon siswa untuk uji coba perorangan dan kelompok kecil sebesar 94,17% dan 96,11%. (5) Nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelompok kontrol adalah sebesar 81,00. Sementara untuk kelompok eksperimen adalah sebesar 87,24. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berorientasi konsep Tri Kona pada topik siklus hidup makhluk hidup yang dikembangkan tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, tri kona, video animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sary Septyani
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:13
Last Modified: 20 Feb 2023 04:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14159

Actions (login required)

View Item View Item