Diastrimarina, Ni Nyoman (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORISTIK TEKNIK ROLE PLAYING SERTA MODELING UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 4 DENPASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (2129111004-COVER)
2129111004-COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text (2129111004-ABSTRAK)
2129111004-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (2129111004-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129111004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (2129111004-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129111004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (2129111004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129111004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (2129111004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129111004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (2129111004-BAB 5 PENUTUP)
2129111004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (2129111004-DAFTAR PUSTAKA)
2129111004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (2129111004-LAMPIRAN)
2129111004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk (1) menyusun dan menghasilkan buku panduan konseling behavioristik, (2) mengetahui validitas isi buku panduan konseling behavioristik, (3) mengetahui kepraktisan buku panduan konseling behavioristik, dan (4) mengetahui efektivitas buku panduan konseling behavioristik teknik role playing serta modeling untuk meminimalisir perilaku bullying siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model 4D (Four D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner perilaku bullying. Penguji pakar pada produk panduan melibatkan lima orang pakar Guru Besar Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menghasilkan buku panduan konseling behavioristik terdiri dari cover, kata pengantar, skema panduan, langkah-langkah, evaluasi dan penutup (2) Buku panduan konseling behavioristik teknik role playing serta modeling untuk meminimalisir perilaku bullying siswa dinyatakan valid yang tinggi dengan nilai CVR = 1 (CVR>0) dan CVI memperoleh skor 1, (3) uji kepraktisan buku panduan atas penilaian lima orang praktisi bimbingan konseling dinyatakan praktis (89%), (4) Penerapan buku panduan konseling behavioristik teknik role playing serta modeling efektif digunakan untuk meminimalisir perilaku bullying siswa dengan nilai t = 19.171 dengan signifikansi < 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Behavioristik, Teknik Role Playing, Teknik Modeling, Perilaku Bullying |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Diastrimarina |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:11 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14168 |
Actions (login required)
View Item |