Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Di Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Ajaran 2022/2023

Maharani, Ni Putu Liana (2023) Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Di Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031082-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031082-ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031082-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi menjadi salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor dari kemampuan literasi adalah kemampuan membaca. Nyatanya kemampuan membaca siswa di kelas rendah masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa di kelas rendah pada Gugus II Kecamatan Tembuku. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) adapun bentuk desain rancangan penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa, dengan melibatkan sampel sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode nontes, nontes yang digunakan berupa observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Uji Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh Uhitung sebesar 22 dan Utabel sebesar 102, apabila dilihat dari tabel alpha 0,05 dua ekor maka H0 ditolak dan Ha diterima yakni terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan yang dibelajarkan menggunakan media big book dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media big book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II di Gugus II Kecamatan Tembuku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media big book, kemampuan membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Liana Maharani
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:21
Last Modified: 20 Feb 2023 04:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item