PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS DAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Wulandari, Ade Sintia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS DAN KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123071005-COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071005-ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071005-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan literasi sains dan konsep diri siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan literasi sains yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan konsep diri siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja Tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 11 kelas (357 siswa), dengan sampel sebanyak 2 kelas (64 siswa). Prosedur pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini adalah literasi sains dan konsep diri siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes dan angket (kuesioner). Data literasi dan konsep diri dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil rata-rata literasi sains dan konsep diri siswa sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji MANOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut. (1) terdapat perbedaan literasi sains dan konsep diri siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional (F=645,630; p<0,05), (2) terdapat perbedaan literasi sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional (F=76,194; p<0,05), (3) terdapat perbedaan konsep diri siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan model pembelajaran konvensional (F=1255,424; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif sebesar 99% pada model pembelajaran inkuiri bebas terhadap peningkatan literasi sains dan konsep diri siswa sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran konvensional, literasi sains dan konsep diri.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ade Sintia Wulandari
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:21
Last Modified: 21 Feb 2023 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14191

Actions (login required)

View Item View Item