PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII MIPA 2 DI MAN BULELENG PADA MASA ENDEMI

Hijriyah, Hijriyah (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII MIPA 2 DI MAN BULELENG PADA MASA ENDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011005-COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011005-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812011005-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng pada masa endemi, 2) Mengetahui pengaruh pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng pada masa endemi, 3) Mengetahui pengaruh motivasi dan pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng pada masa endemi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti saat melakukan PPL-Adaptif di kelas XII MIPA 2 MAN Buleleng. Peneliti menduga adanya faktor motivasi yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Selain itu, orang tua juga berperan penting dalam mengawasi, membimbing, serta memberikan arahan terhadap aktivitas belajar siswa yang dilakukan di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen data berupa lembar observasi, lembar angket/kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan uji t (parsial), uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji regresi berganda. Hasil uji t motivasi menunjukkan thitung > ttabel yakni 4,143 > 2,035, hasil uji t pengawasan orang tua menunjukkan thitung > ttabel yakni 4,772 > 2,035, hasil uji analisis linear berganda menghasilkan nilai konstanta (a) 69,174 , koefisien X1 sebesar 0,295, koefisien X2 sebesar 0,373, hasil uji keofisien determinasi persentase kontribusi pengaruh variabel motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebesar 69,9%, sehingga dapat disimpulkan motivasi dan pengawasan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas XII MIPA 2 di MAN Buleleng pada masa endemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pengawasan orang tua, prestasi, Bahasa Indonesia, endemi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hijriyah
Date Deposited: 20 Feb 2023 00:28
Last Modified: 20 Feb 2023 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item