Samosir, Erni Damayanti Br (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021036-COVER.pdf Download (280kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021036-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021036-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter pada materi kalimat ajakan dan kalimat tanggapan pada mata pelajaran bahasa indonesia, (2) mengetahui proses pengembangan dan validitas media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter di SD Negeri 1 Banjar Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan desain model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas I SD Negeri 1 Banjar Bali. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter dinyatakan valid dengan hasil review Ahli Isi Materi Pelajaran sebesar 97,77% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 94,00% (sangat baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 91,25% (sangat baik) serta uji coba perorangan sebesar 97,77% (sangat baik), uji kelompok kecil sebesar 96,93% (sangat baik), dan uji lapangan sebesar 95,78% (sangat baik), (2) produk media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 34,11% (kurang), dan post-test sebesar 84,46 (baik) dan dilakukan perhitungan dengan teknik uji-t memperoleh t hitung sebesar 19,740 dan hasil t tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan db = n1 + n2 – 2 = 56 – 2 = 54 diperoleh t-tabel sebesar 2,021. Hasil ini menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (19,740 > 2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa indonesia antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas I SD Negeri 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, interaktif, karakter. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Erni Damayanti Br Samosir |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:45 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14283 |
Actions (login required)
View Item |