PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA OSING KELAS VI SDN 1 TEMBOKREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Teresiya, Henny Wanda (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA OSING KELAS VI SDN 1 TEMBOKREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021020-COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021020-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas video pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mata pelajaran bahasa osing kelas VI. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner. Hasil penelitian meliputi; proses pengembangan video pembelajaran yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli dan subjek uji coba produk menunjukkan bahwa video pembelajaran valid berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (88,00%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (92 %), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,33%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,5 %) yang keseluluran persentase skornya berada pada kategori sangat baik. Manfaat dari penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran untuk memfasilitasi proses pembelajaran siswa di kelas khususnya mata pelajaran bahasa Osing materi festival kuwung dan membantu guru untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi siswa dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, kearifan lokal, pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Henny Wanda Teresiya
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:51
Last Modified: 21 Feb 2023 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item