Putri, Made Selly Handayani (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MULTILITERASI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 PENARUKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031023-COVER.pdf Download (251kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031023-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031023-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis phenomenan base learning, kevaliditasan perangkat pada ahli, kepraktisan pada praktisi atau guru pengembangan perangkat dan keefektivitasan pada siswa perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pada siswa kelas 4 muatan (IPAS) Sains dan sosial di SD Negeri 1 Penarukan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Pada penelitian pengembangan ini, terdapat dua jenis data yang akan dikumpulkan yang akan diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu perangkat yang dihasilkan bersifat valid yang dari hasil penilaian ahli, praktisi dan uji coba kepada siswa. Pengujian validitas dalam penelitian pengembangan ini ditinjau dari tiga aspek pokok, yaitu: (1) validitas yang diuji oleh (1) ahli materi pembelajaran; (2) pengujian validitas perangkat pembelajaran menurut ahli desain pembelajaran; (3) pengujian validitas perangkat pembelajaran menurut ahli media pembelajaran. adapun hasil validitas perangkat pembelajaran. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test/Uji-t Sampel tidak Bekorelasi. Berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-Test/Uji-t diperoleh nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa nilai Sig. < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan kecakapan multiliterasi peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis phenomenon based learning dengan kelas kontrol yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional di SD Negeri 1 Penarukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Phenomenon Based Learning, Multiliterasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Selly Handayani Putri |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14300 |
Actions (login required)
View Item |