ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI DI SEKOLAH DASAR

Selayani, Ni Komang (2023) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031051-COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031051-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031051-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran berbasis multiliterasi di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 382.257 siswa yang tersebar di 2.416 sekolah dasar di seluruh Bali. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi sebesar 3%, sehingga didapatkan hasil sampel sejumlah 1.108 siswa yang tersebar di 33 SD. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa dan guru, wawancara untuk guru, dan melakukan observasi di lapangan. Uji validitas instrument dianalisis dengan menngunakan rumus CVR dan CVI. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik statistic persentase. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran multiliterasi belum diterapkan secara optimal di sekolah-sekolah dasar yang ada di Bali karena sarana dan prasarana kurang memadai dan persepsi kepemilikan multiliterasi siswa masih pada kategori sedang. Model pembelajaran phenomenon based learning adalah model pembelajaran yang akan membantu menyukseskan pembelajaran berbasis multiliterasi di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Multiliterasi, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Selayani
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:06
Last Modified: 22 Feb 2023 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item