Selayani, Ni Komang (2023) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031051-COVER.pdf Download (452kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031051-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031051-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran berbasis multiliterasi di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 382.257 siswa yang tersebar di 2.416 sekolah dasar di seluruh Bali. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi sebesar 3%, sehingga didapatkan hasil sampel sejumlah 1.108 siswa yang tersebar di 33 SD. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa dan guru, wawancara untuk guru, dan melakukan observasi di lapangan. Uji validitas instrument dianalisis dengan menngunakan rumus CVR dan CVI. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik statistic persentase. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran multiliterasi belum diterapkan secara optimal di sekolah-sekolah dasar yang ada di Bali karena sarana dan prasarana kurang memadai dan persepsi kepemilikan multiliterasi siswa masih pada kategori sedang. Model pembelajaran phenomenon based learning adalah model pembelajaran yang akan membantu menyukseskan pembelajaran berbasis multiliterasi di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Multiliterasi, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Selayani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:06 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14311 |
Actions (login required)
View Item |