PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENGATASI FENOMENA LEARNING LOSS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANYUNING

Andriani, Ni Made (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENGATASI FENOMENA LEARNING LOSS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANYUNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031041-COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031041-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat mengatasi fenomena learning loss pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pengembangan) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat learning loss siswa kelas IV sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan rumus rata-rata untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk. Uji coba produk melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dari hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan uji t dengan sampel tidak berkorelasi untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, praktis ditinjau dari hasil penilaian praktisi dan efektif ditinjau dari hasil uji coba terhadap siswa. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu mengatasi learning loss pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, phenomenon based learning, learning loss, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Andriani
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:33
Last Modified: 21 Feb 2023 02:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item