Widyayanti, Kadek Yudtisia (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas X SMA Negeri 1 Busungbiu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011024-COVER.pdf Download (606kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011024-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011024-BAB 3 METODELOGI PENEITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011024-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi barisan dan deret. Adapun indikator kemampuan pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan indikator menurut Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Busungbiu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu yang berjumlah 271 orang. Dalam menentukan besaran sampel menggunakan rumus Issac and Michael, adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 136 orang dipilih dengan teknik proposional sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan non tes berupa angket Adversity Quotient, serta wawancara untuk menunjang penelitian. Data angket dikategorikan berdasarkan kategori oleh Stoltz dan data tes dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi barisan dan deret siswa kelas X SMA Negeri 1 Busungbiu tergolong rendah (48.12%) dengan rata - rata siswa belum mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu mengembangkan rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Adapun kategori Adversity Quotient didominasi oleh Camper (56.62%), selanjutnya Climber (34.56%) dan Quitter (8.82%). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dalam pembelajaran matematika dikelas dapat dilaksanakan dengan cara beragam, sehingga mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta Adversity Quotient siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampaun Pemecahan Masalah, Barisan dan Deret, Adversity Quotient |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Yustisia Widyayanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:35 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14330 |
Actions (login required)
View Item |