ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR

Yanti, Ni Made Budi (2023) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031187-COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031187-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031187-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031187-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031187-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031187-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran literasi baca tulis dan mengetahui apakah guru membutuhkan inovasi pembelajaran literasi baca tulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah 247 siswa yang tersebar di Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa dan guru, wawancara untuk guru, dan melakukan observasi di lapangan. Temuan hasil penelitian ini menunjukan hasil kondisi pembelajaran literasi baca tulis siswa berada pada persentase 60%. Permasalahan yang dihadapi guru berada pada persentase 56,4% yaitu dalam ketersediaan perangkat pembelajaran dan antusiasme siswa saat menerima pembelajaran, dan permasalahan siswa berada pada kategori 54,05% yaitu dalam menggunakan dan menilai informasi. Analisis kebutuhan pembelajaran literasi baca tulis ini berada pada persentase 100% guru membutuhkan sebuah inovasi dan pengembangan untuk pembelajaran literasi baca tulis untuk meningkatkan kemampuan siswa terutama dalam membaca dan menulis. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa analisis kebutuhan untuk pembelajaran literasi baca tulis untuk siswa di sekolah dasar yaitu sebuah inovasi dan pengembangan untuk pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebutuhan, Literasi, Literasi Baca Tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Budi Yanti
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:08
Last Modified: 21 Feb 2023 06:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item View Item