Yanti, Ni Made Budi (2023) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031187-COVER.pdf Download (206kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031187-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031187-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031187-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031187-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031187-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran literasi baca tulis dan mengetahui apakah guru membutuhkan inovasi pembelajaran literasi baca tulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah 247 siswa yang tersebar di Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa dan guru, wawancara untuk guru, dan melakukan observasi di lapangan. Temuan hasil penelitian ini menunjukan hasil kondisi pembelajaran literasi baca tulis siswa berada pada persentase 60%. Permasalahan yang dihadapi guru berada pada persentase 56,4% yaitu dalam ketersediaan perangkat pembelajaran dan antusiasme siswa saat menerima pembelajaran, dan permasalahan siswa berada pada kategori 54,05% yaitu dalam menggunakan dan menilai informasi. Analisis kebutuhan pembelajaran literasi baca tulis ini berada pada persentase 100% guru membutuhkan sebuah inovasi dan pengembangan untuk pembelajaran literasi baca tulis untuk meningkatkan kemampuan siswa terutama dalam membaca dan menulis. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa analisis kebutuhan untuk pembelajaran literasi baca tulis untuk siswa di sekolah dasar yaitu sebuah inovasi dan pengembangan untuk pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kebutuhan, Literasi, Literasi Baca Tulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Budi Yanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:08 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14348 |
Actions (login required)
View Item |