PARHYANGAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA, BULELENG, BALI (SEJARAH, STRUKTUR, FUNGSI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA)

Martasari, Luh Ayu (2023) PARHYANGAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA, BULELENG, BALI (SEJARAH, STRUKTUR, FUNGSI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914021003-COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914021003-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1914021003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1914021003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1914021003-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914021003-BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1914021003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914021003-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya Parhyangan Universitas Pendidikan Ganesha di Buleleng, Bali, (2) struktur dan fungsi Parhyangan Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali dan (3) potensi Parhyangan Universitas Pendidikan Ganesha sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian sejarah yang terdiri dari : Heuristik, Kritik sumber atau verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Parhyangan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Kampus Pusat mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tanggal 2 Juni 2004 yang dulunya masih bernama IKIP Singaraja. Adapun struktur Parhyangan menggunakan konsep Tri Mandala, pada area Utama Mandala terdapat pelinggih Ratu Taksu, Padmasana, Pelinggih Ganesha, Panglurah Agung, Linggih Bhatara Tirta dan Bale Piasan. Pada area Madya Mandala terdapat Pelinggih Kiwe Tengen, Bale Gong, Bale Pewaregan dan Penanda Peresmian dan di area Nista Mandala terdapat Wantilan, Sulang Aing (Lebuh) dan Toilet.Parhyangan juga memiliki empat fungsi yakni Fungsi Religius sebagai tempat persembahyangan, Fungsi Sosial sebagai tempat pemersatuan umat Hindu, Fungsi Budaya sebagai tempat pementasan kesenian dan pengembangan ketrampilan diri baik itu seni suara, seni tari dan seni tabuh, dan Fungsi Pendidikan sebagai tempat belajar non formal dalam bidang keagamaan. Selain itu, potensi Parhyangan Universitas Pendidikan Ganesha di Kampus Pusat sebagai sumber belajar dapat dikembangkan pada aspek spiritual, aspek pengetahuan, aspek sosial dan aspek budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parhyangan, Sejarah, Struktur, Fungsi, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Luh Ayu Martasari
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:36
Last Modified: 22 Feb 2023 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item