Indah, Lulu Atuz Zulfa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 3 BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011053-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011053-ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011053-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 MIN 3 Buleleng, sebanyak 62 siswa. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa skor kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian yaitu rerata skor pretest kelas kontrol adalah 39,55 dan kelas eksperimen adalah 40,33. Setelah dilakukan tindakan rerata skor posttest kelas kontrol adalah 72,36 dan kelas eksperimen adalah 82,81 dan terjadi peningkatan pretest-posttest. Instrumen dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada penelitian ini berupa tes uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5% diperoleh t_hitung 3,550 dan t_tabel 2,01954 sehingga t_hitung>t_tabel (3,550>2,01954), berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Lulu Atuz Zulfa Indah |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14369 |
Actions (login required)
View Item |