Pengembangan Masalah Berbasis HOTS Untuk Siswa Kelas VIII SMP Semester 1

Wirdayanti, Ni Made Ary (2023) Pengembangan Masalah Berbasis HOTS Untuk Siswa Kelas VIII SMP Semester 1. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011019-COVER.pdf

Download (278kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011019-ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011019-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

High Order Thinking Skill (HOTS) adalah salah satu kemampuan berpikir yang penting bagi siswa. Pemberian masalah-masalah berbasis HOTS kepada siswa adalah hal yang krusial harus dilakukan oleh guru agar siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan siap menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menguji kualitas soal HOTS terkait matematika dengan materi pola bilangan, sistem koordinat, relasi fungsi, persamaam garis lurus dan sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP yang dilakukan di SMP PGRI 2 Denpasar. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan produk ini adalah model pengembangan tipe formative Reasearch yang terdiri dari tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), tahap evaluasi formatif (formative evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal HOTS matematis yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa diperoleh rata-rata 71,10 dengan persentase ketuntasan 70, dengan nilai indeks korelasi butir soal (r hitung) > 0,361 (r tabel). Realibilitas tes yang diperoleh adalah 0,940 dengan interpretasi reliabilitas tinggi. Semua soal termasuk dalam kategori tingkat kesukaran yang baik karena berada pada interval 0,31-0,70 serta keseluruhan butir soal memiliki daya pembeda dengan kategori “sangat baik”. Sehingga Soal HOTS matematika yang dikembangkan memiliki kualitas valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi matematis peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 2 Denpasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, masalah berbasis HOTS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Made Ary Wirdayanti
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:50
Last Modified: 23 Feb 2023 01:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item