THE USE OF YOUTUBE AS A LEARNING MEDIA IN SPEAKING CLASS AT 12TH GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Jayanti, Putu Siwi (2023) THE USE OF YOUTUBE AS A LEARNING MEDIA IN SPEAKING CLASS AT 12TH GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1912021136 - COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021136 - ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021136 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
1912021136 - BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912021136 - BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021136 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021136 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021136 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021136 - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana YouTube itu digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini juga bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan YouTube sebagai media dalam pembelajaran berbicara di SMK Negeri 1 Singaraja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12, jurusan Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran di SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode campuran sebagai pendekatan penelitian. Data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatif menggunakan kuesioner. Lembar observasi digunakan untuk mencatat kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran menggunakan YouTube yang berlangsung dikelas. Sedangkan kuesioner digunakan untuk mencari persepsi siswa terhadap penggunaan Youtube tersebut. Hasil data kualitatif menunjukkan bahwa YouTube dalam pembelajaran terkait digunakan untuk mencari referensi materi pembelajaran dan media untuk mengunggah video latihan berbicara siswa. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa skor rata-rata dari keempat dimensi yang digunakan untuk menyelidiki persepsi siswa adalah 3,6191, dengan interval 3,33 ≤ M ≤ 4,00, yang menunjukkan kualifikasi positif. Jika dilihat dari seluruh aspek persepsi siswa, berarti 97% siswa kelas 12 jurusan Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran di SMK Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi positif terhadap penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran dalam melatih kemampuan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: YouTube, persepsi siswa, pembelajaran berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Siwi Jayanti
Date Deposited: 21 Feb 2023 14:23
Last Modified: 21 Feb 2023 14:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item