Widiantari, Ni Komang Ari (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERASI MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD N 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031312-COVER.pdf Download (676kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031312-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031312-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031312-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031312-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031312-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031312-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031312-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031312-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu : (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis valisitas isi bahan ajar, (3) menganalisis respon praktisi terhadap bahan ajar, (4) menganalisis efektivitas bahan ajar bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal, objek penelitian yaitu validitas isi, desain, dan media bahan ajar, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar. Metode pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, tes dan kuisioner. Bentuk instrument berupa rating scale, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penelitian ini berhasil mengasilkan bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik kelas IV SD. (2) tingkat pencapaian validitas media sebesar 91,25%, validitas isi sebesar 91,42%, dan validitas desain sebesar 91,42%, hal ini menunjukan jika validitas mencapai predikat sangat baik. (3) tingkat pencapaian respon praktisi/ guru memperoleh nilai 89,23,% dengan predikat sangat baik; dan (4) nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%). Hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Literasi Berbasis Kearifan Lokal, Kemampuan HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ari Widiantari |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:56 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14401 |
Actions (login required)
View Item |