SW, Gusti Ayu Sinta (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 2 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041028- COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041028-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (785kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041028- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041028-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind mapping meningkatkan minat belajar (2) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind mapping meningkatkan hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 2 Banjar. Jenis penelitian ini adalah experimental semu dengan desain Non-equivalent pretest posttest control group. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan 2 yang berjumlah 68 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Data diambil menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda hasil belajar biologi dan non tes berupa kuesioner minat belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji deskriptif dalam pengujian hipotesis minat belajar di analisis menggunakan uji Mann-Whitney dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa pada kategori sedang dengan N-Gain sebesar 0,64 (2) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan persentase peningkatan sebesar 76,12%. Dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa sebesar 47,04% dan hasil belajar biologi siswa sebesar 76,12%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Sinta Sw |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14408 |
Actions (login required)
View Item |